Dalam proses belajar mengajar, terdapat dua jenis pengajaran
yang berbeda. yang pertama adalah Pendagogi. Sering di sebut sebagai teori
belajar untuk anak anak. Sedangkan Andragogi adalah teori belajar untuk orang
dewasa.
Namun pada dasarnya, dalam penerapannya, kedua teori ini
dapat di laksanakan kepada anak anak maupun orang dewasa.
Pendagogi, adalah proses pembelajaran satu arah yang
berfokus pada sang tutor, guru atau pengarah yang akan memimpin kelas dan
menguasai kelas secara penuh. Tentu saja, pada pendidikan awal, PAUD, TK,
sampai SD hingga sekarang ini masih menganut teori belajar Pendagogi mengingat
murid muridnya atau anggota kelas yang memang masing membutuhkan arahan penuh
dalam proses belajar mengajar. Namun bukan berarti dalam pendidikan yang lebih
tinggi pendagogi tidak di terapkan apalagi jika di anggap tidak dapat di
terapkan. Pendagogi tentu tetap dapat di terapkan, namun mungkin dengan konteks
yang lebih berkembang.
Andragogi sendiri adalah pembelajaran yang berfokus pada
murid atau peserta didik dan anggota kelas, tentu masih dengan keberadaan
tutor, guru atau pengarah. Namun, proses pembelajaran jauh lebih mandiri dan
memiliki hubungan timbal balik yang jauh lebih kental. Dari pada gurunya, murid
jauh lebih menguasai kelas walaupun. Dengan catatan, tetap memiliki pengarah
atau tetap di awasi oleh pembimbingnya. Teori ini pada Era ini telah di
terapkan sejak sekolah dasar ke atas. Walaupun belum sepenuhnya, namun tiga
tahun terakhir pada sekolah dasar, teori andragogi telah mulai di terapkan
dalam proses belajar mengajar. Yang artinya, teori ini tidak hanya berlaku pada
orang dewasa karena untuk sekarang, anak anak yang masih di sekolah dasar
sekalipun sudah lebih mandiri dan lebih pintar dan mengatur dirinya tanpa harus
berfokus pada guru atau pengarahnya saja.
Sekalipun
Andragogi pada penerapannya jauh lebih baik dalam berbagai aspek untuk
mengembangkan para peserta didik lebih jauh, teori pendagogi juga tidak dapat
di abaikan atau di hilangkan begitu saja. akan ada beberapa waktu dan tempat
dimana teori pendagogi akan tetap dibutuhkan.
0 komentar:
Posting Komentar