Minggu, 25 Juni 2017

Pendagogi dan Andragogi

               Dalam proses belajar mengajar, terdapat dua jenis pengajaran yang berbeda. yang pertama adalah Pendagogi. Sering di sebut sebagai teori belajar untuk anak anak. Sedangkan Andragogi adalah teori belajar untuk orang dewasa.

               Namun pada dasarnya, dalam penerapannya, kedua teori ini dapat di laksanakan kepada anak anak maupun orang dewasa.
Pendagogi, adalah proses pembelajaran satu arah yang berfokus pada sang tutor, guru atau pengarah yang akan memimpin kelas dan menguasai kelas secara penuh. Tentu saja, pada pendidikan awal, PAUD, TK, sampai SD hingga sekarang ini masih menganut teori belajar Pendagogi mengingat murid muridnya atau anggota kelas yang memang masing membutuhkan arahan penuh dalam proses belajar mengajar. Namun bukan berarti dalam pendidikan yang lebih tinggi pendagogi tidak di terapkan apalagi jika di anggap tidak dapat di terapkan. Pendagogi tentu tetap dapat di terapkan, namun mungkin dengan konteks yang lebih berkembang.

                Andragogi sendiri adalah pembelajaran yang berfokus pada murid atau peserta didik dan anggota kelas, tentu masih dengan keberadaan tutor, guru atau pengarah. Namun, proses pembelajaran jauh lebih mandiri dan memiliki hubungan timbal balik yang jauh lebih kental. Dari pada gurunya, murid jauh lebih menguasai kelas walaupun. Dengan catatan, tetap memiliki pengarah atau tetap di awasi oleh pembimbingnya. Teori ini pada Era ini telah di terapkan sejak sekolah dasar ke atas. Walaupun belum sepenuhnya, namun tiga tahun terakhir pada sekolah dasar, teori andragogi telah mulai di terapkan dalam proses belajar mengajar. Yang artinya, teori ini tidak hanya berlaku pada orang dewasa karena untuk sekarang, anak anak yang masih di sekolah dasar sekalipun sudah lebih mandiri dan lebih pintar dan mengatur dirinya tanpa harus berfokus pada guru atau pengarahnya saja.

                Sekalipun Andragogi pada penerapannya jauh lebih baik dalam berbagai aspek untuk mengembangkan para peserta didik lebih jauh, teori pendagogi juga tidak dapat di abaikan atau di hilangkan begitu saja. akan ada beberapa waktu dan tempat dimana teori pendagogi akan tetap dibutuhkan. 

0 komentar:

Posting Komentar